Ada Puluhan Hewan Kurban Di Bekasi Tak Layang Potong

Ada Puluhan Hewan Kurban Di Bekasi Tak Layang Potong – Beberapa hewan kurban di Bekasi, Jawa Barat, tidak wajar potong. Sebagian besar hewan-hewan itu alami cedera patah kaki.

“Jatuh serta mengakibatkan pincang sebab terjatuh dari kendaraan,” tutur dokter Hewan Berkuasa Pemerintah Kota Bekasi, drh Sariyanti, waktu didapati di kantornya, Jalan Ahmad Yani, Bekasi Selatan, Kota Bekasi, Jumat (9/8/2019).

Sariyanti tidak menyebutkan detil jumlahnya hewan yang tidak wajar potong sebab terluka itu. Tetapi ia mengutarakan cedera itu berlangsung waktu proses pembagian.

“Umumnya cocok turun dari truk sebab tidak ada bantalan. Ia (hewan) loncat serta kesangkut, itu patah,” tutur Sariyanti.

Sariyanti menjelaskan hewan yang cacat, terhitung yang patah kaki, tidak dapat jadikan hewan kurban. “Sebab jika pincang itu tidak penuhi ketentuan, jatuhnya cacat. Itu tidak bisa jadikan hewan kurban,” tutur Sariyanti.

Diluar itu, beberapa hewan kurban didapati kurang usia. Ada sapi serta kambing yang masih begitu muda untuk jadikan hewan kurban.

“Jika kambing-domba 1 tahun, sapi 2 tahun minimum,” tutur Sariyanti.

Berdasar data Dinas Pertanian serta Peternakan Kota Bekasi, ada 40 hewan kurban yang tidak wajar. Ke-40 hewan itu terbagi dalam 19 ekor sapi, 14 ekor kambing, serta 3 ekor domba sakit. Sedang 2 ekor sapi serta 2 ekor domba kurang usia.

Pengawasan serta kontrol kesehatan hewan kurban sudah dikerjakan Pemkot Bekasi dari 22 Juli sampai 11 Agustus 2019. Sekitar 130 personil kombinasi dikerahkan waktu kontrol.