Di Jember Warga Dan Mahasiswa Melaksanakan Salat Minta Hujan

Di Jember Warga Dan Mahasiswa Melaksanakan Salat Minta Hujan – Beberapa ratus mahasiswa Unmuh Jember bersama dengan masyarakat mengadakan salat istisqa atau salat meminta hujan. Salat dikerjakan di lapangan basket universitas.

“Inisiasi salat meminta hujan ini, ialah dari jemaah (Masjid Al Qolam Unmuh), serta input pendapat dari beberapa dosen (Unmuh Jember),” kata Sekretaris Instansi Peningkatan Al Islam serta Kemuhammadiyahan (LPAIK) Unmuh Jember, Dhofir Catur Bashori, selesai penerapan salat, Sabtu (26/10/2019).

Dia menerangkan, penerapan salat meminta hujan itu dikerjakan sebab lihat kondisi dan situasi kemarau panjang yang berlangsung di daerah Kabupaten Jember. ” hampir di semua daerah Indonesia,” imbuhnya.

“Diluar itu, cuaca panas dari sinar matahari cukup menusuk. Serta di sejumlah titik (Jember serta daerah yang lain), berlangsung kebakaran yang dikarenakan kemarau panjang ini. Hingga kami kerjakan salat istisqa ini,” jelas Dhofir.

Dengan salat istisqa’, diinginkan hujan selekasnya turun. Hingga udara terik dapat menyusut.

” supaya bisa memberi keberkahan buat kita,” sambung Dhofir.

Menurut Dhofir, info mengenai diadakannya salat istisqa’ telah dikatakan satu hari awalnya. Baik lewat pesan berantai atau sosial media.

“Alhamdulillah responnya mengagumkan. Yang turut salat dari lingkungan universitas, mahasiswa serta dosen. dari warga seputar jemaah Masjid Al Qolam yang terbuka buat umum,” katanya.

Bertindak selaku imam salat ialah salah satu orang mahasiswa serta santri Mahad Tahfidz Unmuh. Sedang untuk khatib dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jember.

“Mahad Tahfidz Unmuh ialah ponpes yang berada di unmuh. Jadi imamnya mahasiswa semester 5 PAI, Ustaz Tiyas Hidayatullah. Untuk Khatib langsung dari Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Jember Ustaz Kusno,” pungkas Dhofir.