Pelaksanaan UNBK untuk Siswa SMP/MTs di Kota Mojokerto Sempat Alami Kendala

Pelaksanaan UNBK untuk Siswa SMP/MTs di Kota Mojokerto Sempat Alami Kendala – Penerapan Ujian Nasioal Berbasiskan Computer (UNBK) untuk siswa SMP/MTs di Kota Mojokerto sudah sempat alami masalah. UNBK pada hari pertama ini sudah sempat molor 1 jam karena masalah pada server pusat. Hingga beberapa peserta tidak dapat login untuk mengerjaan masalah ujian.

Seperti yang berlangsung di SMPN 8 Kota Mojokerto di Jalan Raden Wijaya. Kepala Sekolah Gusti Udijani Dalam menjelaskan, UNBK mata pelajaran Bahasa Indonesia di sekolahnya dibagi dalam 3 session sebab kurangnya jumlahnya laptop. Session pertama jam 08.00-10.00 WIB, session ke dua jam 10.30-12.30 WIB, sedang session ke tiga jam 14.00-16.00 WIB.

Siswa kelas IX sebagai peserta UNBK di sekolah ini beberapa 182 anak. Waktu ujian, mereka dibagi dalam 2 ruang. Ruang 1 berisi 36 siswa, sedang ruang 2 di isi 25 siswa.

Mencapai session ke dua, masalah server mulai berlangsung. Menurut Gusti, beberapa peserta tidak dapat login ke halaman masalah ujian karena gangguang pada server pusat.

“Ini masalah dari server pusat hingga beberapa peserta sudah sempat tidak dapat login,” kata Gusti pada wartawan di ruangan kerjanya, Senin (22/4/2019).

Masalah pada server ini, lanjut Gusti, menyebabkan penerapan UNBK session ke dua molor seputar 1 jam. Beberapa peserta baru dapat kerjakan masalah jam 11.30 WIB. Sesuai dengan agenda, semestinya session ke dua diawali jam 10.30 WIB.

“Session ke dua baru kami mulai jam 11.30 WIB. Session tiga pun alami keterlambatan,” terangnya.

Mujur, keterlambatan ini tidak mengambil alih waktu pembuatan masalah beberapa peserta UNBK. Sebab waktu login ke halaman masalah ujian, beberapa peserta masih memiliki waktu 120 menit untuk melakukannya.

“Keterlambatan ini tidak kurangi waktu kerjakan masalah. Usai login, waktu masih terhitung 120 menit,” tegas Gusti.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Mojokerto Amin Wachid menerangkan, ganguan server berlangsung hampir rata di semua SMP yang mengadakan UNBK di Kota Mojokerto. Menurutnya, ini hari ada 21 SMP serta MTs yang melakukan UNBK. Ujian ini dibarengi 3.117 siswa.

“Masalah ini rata di tiap-tiap sekolah. Tidak timbulnya token UNBK adalah masalah dari server pusat,” pungkasnya.